Apa Penyebab Ban Tubeless Kempes Mendadak?

  • Banyak yang mengatakan bahwa ban tubeless pada kendaraan itu awet dan tidak bisa pecah. Meskipun benar, namun ban tubeless tetap bisa mengalami kebocoran. Maka tak heran bila suatu saat ditemui ban tubeless pada kendaraan tiba-tiba kempes sendiri.

    Hal ini dikarenakan struktur ban tubeless umumnya sama seperti ban biasa, bedanya tidak ditemuinya ban dalam pada ban tubeless. Jenis ban ini didesain khusus agar lebih rapat, sehingga angin langsung tertampung pada satu lapisan ban saja.

    Meski terbilang lebih awet, namun ban tubeless tetap bisa kempes dan bocor. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, antara lain :

    1. Tertancap paku
    Saat tertancap paku di permukaannya, ban tubeless akan kempes secara perlahan-lahan. Sehingga terkadang pengguna tidak tahu lokasi paku itu menancap dan tahu-tahu ban sudah kempes saja. Untuk mengatasinya bisa ditambal menggunakan serat penambal ban tubeless atau bisa juga dengan memasukkan lem power glue pada ban yang bocor.

    2. Kebocoran pada sambungan velg
    Selain pada bagian permukaan atau sisi ban, ban tubeless juga bisa bocor pada bagian tepi yaitu pada sambungan velg. Penyebabnya adalah kurang meratanya lem (sealer) yang harus diberikan pada pinggiran velg saat pemasangan ban tubeless, yang bertujuan untuk merapatkan sisi ban. Selain itu, faktor velg yang tidak lurus atau sedikit bengkok juga menjadi penyebab timbulnya celah pada sambungan antara ban dan velg yang mengakibatkan kebocoran. Cara mengatasinya yaitu dengan melepas ban dari velg, membersihkan sisa lem pada ban maupun velg, lalu pasang kembali ban ke velg dengan ditambahkan sealer.

    3. Kebocoran pada pentil / nipple ban
    Kendornya nipple atau pentil ban juga bisa menyebabkan angin ban keluar dan berangsur kempes. Cara mengatasinya, cukup mengecek nipple bila kendor bisa dikencangkan dengan menggunakan alat pengencang nipple ban.

    Baca juga : Sebelum Dimodifikasi, Ketahui Komponen Dasar Audio Mobil Berikut

    4. Umur ban sudah tua
    Umur ban yang sudah tua mempengaruhi kualitas ban itu sendiri. Meski permukaan ban masih terlihat bagus, namun bila kualitas ban sudah menurun akibat faktor usia, ban akan rentan mengalami retak, terutama apabila sering melewati jalan berlubang atau jalan berbatu. Dari keretakan inilah yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada ban tubeless.